Welcome

Hi, Selamat datang di Website Saya.

Saatnya berbagi seputar dunia IT

Search

Powered by Blogger.
Jasa Pembuatan Website Murah - www.ArianCyber.net
Monday 21 October 2013
sequence diagram
Tampilan Sequence Diagram

Kuliah memasuki pertemuan kelima pada mata kuliah Perancangan Sistem Berbasis Objek (PSBO), kali ini saya akan membahas mengenai tugas dengan studi kasus yang masih sama dengan yang kemarin-krmarin yaitu pada PT. Bendi Car. Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas mengenai Activity Diagram kemudian Usecase Diagram dan disusul yang sekarang ini Sequence Diagram. Sengaja saya posting setiap ada tugas dimaksudkan agar bisa jadi referensi tugas bagi teman-teman saya di kampus, he he. //.p
Menurut saya pribadi penggunaan Diagram ini masih tergolong cukup mudah tapi juga cukup susah ya tergantung menyikapinya juga sih, he he !. Sebelum ke pembahsan atau ke studi kasusnya saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Sequence Diagram ini.



       Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
       Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.
       Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use case diagram
       Memperlihatkan tahap demi tahap apa yang seharusnya terjadi untuk menghasilkan sesuatu didalam use case.
Setiap Diagram pasti memiliki simbol-simbol tertentu yang digunakan dan berikut ini adalah Simbol untuk Sequence Diagram:

simbol sequenc diagram


Setelah tahu apa itu Sequence Diagram sekarang langsung ke studi kasusnya, studi kasus ini ada pada modul PSBO tepatnya ada di slide pertemuan ke lima.
PT. Bendi Car adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyewaan mobil Semua transaksi di perusahaan masih dilakukan secara manual. Berikut ini adalah kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh petugas dalam melaksanakan transaksi penyewaan mobil di dalam perusahaan.

1. Prosedure peminjaman

Penyewa mobil yang ingin melakukan peminjaman dapat melihat harga penyewaan mobil pada daftar harga sewa mobil. Penyewa dapat menggunakan jasa supir  atau tidak sesuai dengan kebutuhan penyewa sendiri. Setiap jenis kendaraan memiliki harga sewa yang berbeda-beda begitu juga harga sewa jasa sopir untuk daerah Jabodetabek dan diluar jabodetabek pun berbeda. Setelah itu penyewa mengisi Formulir Penyewaan (FS) disertai fotocopy identitas diri. Kemudian Formulir penyewaan yang telah diisi beserta pelunasan pembayaran diserahkan kepada petugas  kemudian petugas membuatkan kwitansi pembayaran sebagai bukti pembayaran.

2. Prosedure pengembalian

Pada saat pengembalian kendaraan oleh penyewa, petugas membawa Formulir Pengembalian  dan memeriksa kondisi kendaraan apakah terdapat kerusakan atau tidak. Bila ada (misalnya spion pecah, body penyok, cat tergores, dll), maka diperhitungkan penggantiannya dan dibebankan kepada penyewa. Bila tidak rusak/terlambat maka tidak perlu mengisi Formulir pengembalian. Namun Bila penyewa terlambat dalam pengembalian, maka jumlah keterlambatan mobil dan sopir akan dibebankan kepada penyewa. Setelah membayar kerusakan dan keterlambatan, maka petugas membuatkan kwitansi sebagai tanda bukti pembayaran denda.

3. Prosedure laporan

Diakhir bulan petugas membuat laporan penyewaan berikut denda atas kerusakan atau keterlambatan yang terjadi dan laporan kendaraan. Laporan tersebut diserahkan ke pemilik penyewaan Bendi car
Buatlah Sequence Diagram pada sistem di atas !

Sekian pembahasan atau postingan saya mengenai Sequence Diagram . Apabilla ada kesalahan dalam pembahasan atau postingan saya mohon untuk dibenarkan karena saya masih dalam tahap belajar bukan Expert. Apabila ada Saran atau kritik silakan anda tulis di kotak komentar yang sudah di sediakan atau bisa kontak langsung ke saya. Semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website Murah, Arian Cyber

Untuk download jawabannya ! pass : www.arian-tales.blogspot.com


Sekian pembahasan atau postingan saya mengenai Sequence Diagram. Apabilla ada kesalahan dalam pembahasan atau postingan saya mohon untuk dibenarkan karena saya masih dalam tahap belajar bukan Expert. Apabila ada Saran atau kritik silakan anda tulis di kotak komentar yang sudah di sediakan atau bisa kontak langsung ke saya. Semoga bermanfaat.
Apabila ada dari anda ingin memposting halaman ini harap cantumkan sumbernya dan dengan  bahasa anda sendiri, jadilah blogger yang baik dan mempunyai Etika dalam dunia maya.


//.D


3 comments:

  1. untuk password zip nya apa ya?? terima kasih

    ReplyDelete
  2. Pasword filenya "www.arian-tales.blogspot.com"

    ReplyDelete
  3. ahhaaa,, ternyata tri winarso nyampe sini juga,. wkwkwkkw., :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Silakan daftarkan email anda untuk menerima dan berlangganan artikel, pembahasan, tutorial dan lain-lain dari ..:: Arian Cyber ::..


Delivered by FeedBurner

Colleger

bsi

Blog Arsive

Translate

Visitor Total

This Yours

           IP